DISINPEKTAN

I.  Latar belakang

Desinfeksi adalah membunuh mikroorganisme penyebab penyakit dengan bahan kimia atau secara fisik, hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadi infeksi dengan jalam membunuh mikro organisme patogen. Desinfeksi dilakukan apabila sterilisasi sudah tidak mungkin dikerjakan, meliputi : penghancuran dan pemusnahan mikro organisme patogen yang ada tanpa tindakan khusus untuk mencegah kembalinya mikro organisme tersebut.

Dalam penanganan agar terbebas dari serangan virus perlu dilakukan berbagai cara seperti Antiseptik dan Desinfektan, secara umum pengertiannya sebagai berikut ;

Antiseptik adalah substansi kimia yang dipakai pada kulit atau selaputlendir untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme dengan menghalangi atau merusakkannya. Sedangkan desinfektan, pada dasarnya sama, namun istilah ini disediakan untuk digunakan pada benda-benda mati. Beberapa antiseptik merupakan germisida, yaitu mampu membunuh mikroba, dan ada pula yang hanya mencegah atau menunda pertumbuhan mikroba tersebut. Anti bakterial adalah antiseptik hanya dapat dipakai melawan bakteri.

Desinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegahter jadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikro organisme atau kuman penyakit lainnya. Disinfektan digunakan untuk membunuh mikro organisme pada benda mati.

II. Rekomendasi

Untuk mengendalikan virus dan  hama perlu dilakukan tindakan secara rutin melakukan treatment 2(dua) minggu sekali dengan memastikan perlakuan secara konverhensip, yakni memadukan sanitasi dan treatment secara berkala agar terlindungi/seterisasi berjalan dengan sempurna bila melakukan menjaga lingkungan tetap besrsih dan sehat.

III. Teknik pengerjaan

  1. Treatment Cold Fogger (ULV) pada lokasi seluruh banguna dan areal taman sampai merata dengan dosis sesuai panduan dari SOP

  1. Treatment Wall spraying pada seluruh dinding/sejenisnya yang belum atau tidak tersentuh oleh mesin cold fogger(UlV)

IV. Jenis DISINPEKTAN

Larutan desinfektan ini aman digunakan di dalam maupun di luar rumah. Sangat ampuh membunuh virus, bakteri, jamur, protozoa dan alga (Contoh: virus flu burung, bakteri penyebab anthrax, bakteri Tuberculosis, dll)

V. Ruang Lingkup dan Jadual

Seluruh area meliputi : Dalam dan luar bangunan dan  Jadual akan dikonfirmasikan 1(satu) hari sebelumnya berdasarkan kesepakatan bersama.